Minggu, 24 Mei 2009

Mengukur Efektivitas Wimax

Mengukur Efektivitas Wimax

Wimax adalah aset nirkabel berkecepatan tinggi yang memungkunkan transfer data hingga 80 Mb/second. Jauh lebih cepat dari layanan internet berbasis layanan selular generasi ketiga yaitu 3G yang hanya sekitar 2.4 mb/second. Selain lebih cepat, wimax dapat menjangkau daerah terpencil dengan mengirimkan sinyal radio dari black station ke plus tv atau antena penerima. Dari antena ini internet tercepat dapat dinikmati secara nirkabel.

Wimax dicetuskan oleh Warmoet Moore yang dibentuk pada April 2001 untuk mempromosikan wimax sebagai sebuah standart teknologi yang dapat memungkinkan penyampaian akses wireless for sender jauh sebagai alternatif dari kabel dan TSL. Dari peluncuran wimax ini diharapkan dapat mendorong konektivitas jaringan yang semakin baik untuk mendukung program internet murah bagi masyarakat.

Peraturan menteri komunikasi mengatur penataan dan penggunaan frekuensi radio untuk keperluan layanan pita lebar nirkabel. Peraturan menteri komunikasi ini menetapkan pita frekuensi radio untuk keperluan layanan pita lebar nirkabel atau wireless rocebrant pada pita frekuensi radio 2.3 GHz. Teknologi wimax dapat menggapai area sekitar 50 Km dimana ratusan penguna akan di share sinyal dan canal untuk mentransmisi jarak hingga 155 Mb/second.

Pada aplikasi mobile, user wimax dapat juga menggunakan perangkat wifi sepertiu note book, PDA, dan smart phone. Pemanfaatan wimax sama dengan pemanfaatan wifi. Sebuah terminal dapat mendeteksi jaringan wimax dan wifi sehingga user akan semakin dimudahkan karena bisa memilih wimax rocebrant untuk jaringan wimax atau wireless hotspot, untuk jaringan wifi, wireless LAN.

Lantas apa bedanya dengan 3G? Layanan 3G merupakan layanan komunikasi bergerak yang menjanjikan peningkatan graduate hingga 384 Kb/second ketika di akses di dalam keadaan berjalan. Sementara untuk di kendaraan bergerak kecepatannya sekitar 128 Kb/second. Sedangakan bila dalam kondisi diam bisa mencapai 2 Mb/second.

Teknologi yang bisa digunakan untuk memberikan layanan 3G bisa berbasis GSM dan CDMA. Pertanyaanya adalah apakah wimax dapat digunakan untuk jaringan selular GSM dan CDMA? Apakah masyarakat yang mobile dapat menikmati akses wimax melalui handset yang sudah ada? Apakah harus juga meng-up grade dengan fitur wimax pada ponselnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar