Senin, 11 Mei 2009

Dengan IT Melawan Kemiskinan

Dengan IT Melawan Kemiskinan


Untuk dunia informasi teknologi saat ini dikenal dua tujuan terpenting yaitu IT for property dan IT for development. 2 tujuan yang selaras tersebut bagaimana meningkatkan taraf hidup manusia melalui teknologi informasi dan komunikasi terutama di negara-negara berkembang.

Ono W. Purbo seorang pakar IT dari ITB telah giat menyuarakan gerakan untuk mengentaskan kemiskinan melalui IT dengan berbagai gerakan seperti internet murah, telephone murah dengan VOIP, sosialisasi Compare Open Source, dan pendidikan IT bagi Masyarakat miskin di berbagai negara-negara berkembang telah dilakukan Ono sejak 5 tahun terakhir.

Kang Ono memberikan pelatihan teknologi IT murah kepada berbagai komunitas IT di berbagai negara lain seperti Thailand, Qatar, Timor Leste, Denmark, Canada, hingga Amerika. Menurutnya dari pengalaman selama berinteraksi dan memberikan training ke negara lain bagi negara berkembang, orang Indonesia menjadi lebih kreatif berfikir dan menghasilkan inovasi yang mudah, murah sesuai dengan kondisi negara dan geografis Indonesia.

Berkat pelatihan yang diberikannya Indonesia menjadi negara rujukan bagi negara berkembang lainnya untuk menciptakan berbagai teknologi yang efektif dan berbiaya rendah. Namun kendala lain adalah masalah regulasi dalam penggunaan frekuensi radio. Berbagai riset terhenti karena regulasi pemerintah yang tidak membebaskan implementasi berbagai terobosan baru seperti telephone murah dengan VOIP atau sentral telephone rakyat berbiaya murah.

Diharapkan dari hasil temuan dan inovatif putra putri Indonesia ini tidak hanya di apresiasi pada moment-moment tertentu saja. Namun dapat diterapkan untuk mengefeksampingkan biaya akses informasi dan komunikasi yang akhirnya dapat meringankan beban masyarakat ke depannya. Kemudahan aspek informasi dan komunikasi akan mempermudah akses terhadap berbagai informasi sumber daya, yang akhirnya dapat dimanfaatkan untuk mengentaskan kemiskinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar